Istri PNS Diminta Menghindari Kemilau Perhiasan & Penampilan Norak

redaksirakyat1 28/11/2012 2
Istri PNS Diminta Menghindari Kemilau Perhiasan & Penampilan Norak

Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu memukul gong, tanda dimulainya lomba Paduan Suara Hymne dan Mars DWP, di Gedung Serbaguna SMK Negeri 1 Balige, Tobasa.

DWP TOBASA GELAR LOMBA PADUAN SUARA HYMNE DAN MARS DWP

TOBASA | Ratusan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dengan mengenakan seragam DWP, dan bersolek secantik mungkin memadati gedung Serbaguna SMK Negeri 1 Balige, Tobasa, Selasa (27/11).

Tujuannya, guna mengikuti lomba Paduan Suara Hymne dan Mars DWP yang digelar. Lagu Hymne dan Mars Dharma Wanita Persatuan (DWP) Republik Indonesia pun berkumandang dilokasi tersebut. Berbagai jenis suara pun terdengar nyaring dan kompak, yang dinyanyikan oleh masing – masing tim. Perlombaan tersebut diikuti sebanyak 471 anggota DWP Kabupaten Tobasa.

Sesuai penilaian dewan juri, dalam lomba paduan suara itu, Unit Dinas Pendidikan berhasil meraih Juara I, Unit BKD Juara II, Gabungan Unit Dinas Perhubungan, Dispora dan Sekwa Juara III, Gabungan Unit Kecamatan Balige dan Nassau Juara IV, Unit Kecamatan Porsea Juara V dan Gabungan Unit Dinas Pertanian, Ketapang dan Badan penyuluhan Juara VI. Bagi setiap pemenang diberikan hadiah, tropi dan hadiah lainnya.

Sebelumnya, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Liberty Pasaribu mengatakan, sangat apresiatif terhadap Lomba Paduan Suara Hymne dan Mars DWP tersebut, serta bangga terhadap pihak yang memprakarsainya. Namun supaya kegiatan memiliki dampak lebih, peserta diminta tidak saja menjadikan lomba mencari pemenang, tetapi lebih dari itu.

Menurut Bupati, beberapa hal yang patut diperhatikan DWP Kabupaten Tobasa dalam mensukseskan programnya, yakni bertaqwa kepada TYME, selaku istri dan ibu rumah tangga tidak berhenti belajar menambah pengetahuan, guna mendukung suami tanpa mencampuri tugasnya sebagai PNS, hidup hemat dan tampil sederhana, serta mampu menjalin keakraban dan ramah kepada masyarakat sekitar.

“Istri PNS yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), diminta untuk menghindari kemilau perhiasan dan penampilan  yang norak, guna menghindari timbulnya kecurigaan dan tuduhan macam – macam oleh masyarakat,”pintanya.

Penasehat DWP Kabupaten Tobasa Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak meminta DWP terus turut ambil bagian dalam upaya membangun bangsa, membantu dan memotivasi para suami sebagai aparat pemerintah agar bekerja maksimal dalam mensukseskan program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat secara adil dan merata.

“Saya berharap Lomba Paduan Suara Hymne dan Mars DWP dalam menyambut HUT DWP Ke – 13 tahun 2012 ini senantiasa mempererat hubungan sesama anggota DWP, menumbuhkan sikap sportivitas dan kreatifitas peserta lomba, meningkatkan potensi diri, aktif dalam menyikapi setiap permasalahan yang timbul serta terus dan selalu menggali kreatifitas,” ujarnya.

Senada juga diutarakan Ketua DWP Ny. Rosita Liberty Manurung. Istri PNS mempunyai andil besar dalam pembangunan karakter bangsa. Untuk itu diminta anggota DWP Tobasa tampil percaya diri, pandai mengukur kemampuan dan potensi serta bakat yang dimiliki, sehingga timbul semangat berperan aktif  mendampingi para suami.

“Anggota DWP harus cerdas dalam mengelola potensi dirinya untuk dapat dimanfaatkan melengkapi keperluan rumah tangga. Karenanya saya berharap perlombaan ini hendaknya memberi semangat baru bagi seluruh peserta dan mampu mempererat ikatan sesama anggota DWP Kabupaten Tobasa,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Lomba Ny. Kastarida Arusdin Sagala dalam laporannya mengatakan, peserta lomba adalah anggota DWP se-Tobasa. Jumlah kelompok yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan itu sebanyak 22 kelompok.

Lomba Paduan Suara ini disebutkan, merupakan satu upaya penyegaran dan pelestarian nilai-nilai kejuangan yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Kegunaannya meningkatkan kebulatan tekad dan jati diri kelaurga anggota DWP sebagai insan pembangunan ditengah – tengah keluarga, Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Selain itu, kata Kastarida, lomba juga diharapkan dapat meningkatkan tali persaudaraan dan silaturahmi antar anggota DWP Tobasa serta meningkatkan rasa kebersamaan antar sesama anggota dan seluruh pengurus DWP.

Lomba Paduan suara ini dibuka langsung Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak diwakili Wabup Liberty Pasaribu. Mendampingi turut hadir Sekda Liberty manurung, para Kepala Dinas dan camat dilingkungan Pemkab Tobasa. Dewan juri dalam perlombaan, Komposer TH Nababan, Dosen Musik STAKPN Tarutung Amudi Lumbantobing dan Aston P Manik. (Jhonny Simanjuntak/Brams).

2 Comments »

  1. Jimmy 15/03/2013 at 6:51 am - Reply

    Bagus sekali himbauan Bupati Tobasa Kasmin Simanjuntak ini:

    “Istri PNS agar menghindari kemilau perhiasan dan penampilan yang norak.”

  2. masridap 13/04/2013 at 12:30 pm - Reply

    Bagus

Leave A Response »